Ada 4 Wajah Baru di Jajara Direksi KAI, Siapa Saja Mereka…?

Ada 4 Wajah Baru di Jajara Direksi KAI, Siapa Saja Mereka...?
Ada 4 Wajah Baru di Jajara Direksi KAI, Siapa Saja Mereka...?

Businessnewsindonesia –Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baru saja merombak manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero). Perombakan ini mendatangkan empat wajah baru dan hanya satu figur lama yang tersisa.

Berdasarkan salinan Keputusan Menteri BUMN No. SK-142/MBU/05/2020 yang dikutip, Jumat (8/5/2020), Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Direktur Keuangan KAI Didiek Hartantyo sebagai Direktur Utama. Didiek menggantikan posisi Edi Sukmoro. Selain Didiek, Erick Thohir juga mengangkat Jeffrie N. Korompi, Rivan A. Purwantoro, Maqin U. Norhadi, dan Agung Yunanto sebagai direksi baru.

Mereka menggantikan posisi Direktur Perencanaan Strategis & Pengembangan Usaha Amrozi Hamidi, Direktur Niaga Dody Budiawan, dan Direktur SDM & Umum R. Ruli Adi.

Perombakan jajaran direksi KAI membuat alumni Bank Mandiri bertambah. Untuk diketahui, sebelum menjabat Direktur Keuangan KAI, Didiek Haryantyo berkarier di Bank Mandiri selama enam tahun (2009-2016). Jabatan Didiek terakhir di Bank Mandiri adalah Executive Vice President (EVP).

Selain Didiek, Maqin U. Norhadi juga berkarier di Bank Mandiri sebelum bergabung dengan KAI. Maqin berkarier di bank berlogo pita emas itu selama 15 tahun. Dikutip dari halaman linkedin pribadinya, posisi terakhir Maqin di Bank Mandiri adalah SVP, Executive Officer of Corporate Banking.

Maqin juga pernah menjabat Regional Chief Executive Officer Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta dalam periode Januari 2016 hingga April 2020. Sejak hari ini, Maqin didapuk menjadi Direktur Niaga KAI.

Maqin Norhadi ditunjuk sebagai Direktur Niaga PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada 8 Mei 2020. Maqin telah berkarier selama 15 tahun di Bank Mandiri.

Sementara itu, Erick Thohir juga menunjuk sosok bankir sebagai Direktur Keuangan KAI yang baru, yaitu Rivan A. Purwantono. Rivan merupakan Direktur Konsumer Bank Bukopin yang telah berkarier di bank tersebut selama 14 tahun.

Sekadar informasi, tampuk pimpinan Kementerian BUMN juga dihuni alumni Bank Mandiri. Dua wakil menteri yang membantu tugas Erick Thohir pernah menjadi Direktur Utama Bank Mandiri pada 2013-2016.

Posisi Budi Sadikin di Bank Mandiri digantikan oleh Kartika Wirjoatmodjo yang saat ini menjabat Wakil Menteri BUMN. Pria yang akrab disapa Tiko itu menduduki kursi direktur utama selama tiga tauhn, mulai 2016 hingga 2019. (ed.AS/bussnews.id/bisnis.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here