Ilustrasi Bank Dunia Proyeksikan Pertumbuhan Global 2020 sebesar 2,5% (foto/ Reuters via cnbcindonesia.com)

BusinessNews Indonesia – Lembaga keuangan internasional Bank Dunia (World Bank) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global tahun 2020 hanya akan mengalami kenaikan tipis 0,1% menjadi 2,5% jika dibandingkan tahun 2019 yang diperkirakan berkisar 2,4%.

Penguatan didorong investasi dan perdagangan yang kembali pulih secara bertahap dari kelemahan signifikan tahun lalu. Meskipun, resiko ekonomi masih akan terjadi pada tahun ini.

Dalam laporan Prospek Ekonomi Global terbarunya,  Bank Dunia juga memperkirakan pertumbuhan untuk kelompok negara-negara maju akan turun menjadi 1,4% tahun ini, sebagian dikarenakan berlanjutnya perlambatan di bidang manufaktur.

Sedangkan pertumbuhan di pasar negara berkembang diproyeksikan akan meningkat tahun ini menjadi 4,1%. Namun, peningkatan ini tidak menyeluruh, melainkan hanya sekelompok kecil negara dengan perekonomian besar yang bangkit dari pelemahan substansial.

Sekitar sepertiga dari pasar berkembang dan ekonomi berkembang diproyeksikan melambat tahun ini karena ekspor dan investasi yang lebih lemah dari perkiraan.

“Dengan pertumbuhan di negara-negara berkembang yang cenderung tetap lambat, para pembuat kebijakan harus mengambil kesempatan untuk melakukan reformasi struktural yang mendorong pertumbuhan yang lebih luas dan dapat mengurangi kemiskinan,” kata Wakil Presiden World Bank Group bidang Pemerataan Pertumbuhan, Keuangan dan Lembaga, Ceyla Pazarbasioglu dalam keterangan tertulis, Rabu (8/1/2020), seperti dikutip sindonews.com.

Dia menambahkan, langkah-langkah untuk meningkatkan iklim bisnis, supremasi hukum, pengelolaan utang, dan produktivitas, dapat membantu mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. (spm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here