Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro, Menteri PPN/Kepala Bappenas (Foto Farid S)

Potensi dan tantangan Indonesia dalam menghadapi megatrend dunia sebenarnya tidak berubah dan jelas. Terbukti ketika pada tahun 2005, trend dunia sudah diperkirakan oleh Indonesia dengan melihat trend hingga tahun 2025. Apa-apa yang menjadi pegangan dalam menghadapi gejala atau bahkan kemajuan dunia dari berbagai sisi, sudah diperkirakan oleh Indonesia dan menjadi acuan untuk kedepannya.

Tak berbeda dengan Visi Indonesia 2045 yang dipaparkan oleh Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro selaku Menteri PPN/Kepala Bappenas  kemarin di Hotel Fairmont Jakarta (Selasa, 8 Januari 2019). Bahwa pemaparan ini bukan untuk bertujuan politik namun lebih kepada agar Indonesia lebih mengetahui bahkan bisa menjadi acuan arah dan akan kemana Indonesia dimasa depan dari berbagai aspek. Visi Indonesia 2045 dibuat berdasar pada kenyataan saat ini dan melihat trend yang mungkin terjadi  dimasa depan.

Aspek ekonomi sangat berperan besar untuk tahun-tahun mendatang, namun tidak menutup kemungkinan aspek lainnya untuk berperan yang kemungkinan justru bisa mengurangi aspek peran besar tersebut bagi Indonesia kedepannya.

Dulu era globalisasi digambarkan hanya dengan perdagangan, barang dan jasa , tapi sekarang globalisasi sudah mulai merambah ke sektor keuangan. Sehingga volatilitas di sektor keuangan intesitasnya menjadi lebih sering. “Saat sekarang, sebagai contoh adalah tidak ada nilai tukar tetap terhadap mata uang seperti pada tahun 80-90an dimasa sekarang, dan terbukti Indonesia pun siap dengan nilai tukar yang berubah-ubah karena Indonesia sendiri sudah mengikuti pergerakan pasar dunia dalam globalisasi sektor keuangan, dan karena itu adalah rule of the game nya” tuturnya saat memaparkan visi tersebut.

Menurut Prof. Bambang, megatrend pada 2045 adalah meliputi Demografi Global, Urbanisasi Dunia, Peranan Emerging Economies, Perdagangan Internasional, Keuangan Internasional, Dominasi Kelas Menengah, Persaingan Sumber Daya Alam, Teknologi, Perubahan Iklim dan Perubahan Geopolitik.

Masih dalam pemaparannya, untuk menghadapi megatrend tersebut, Indonesia diharapkan meningkatkan pilar pembangunan 2045 yang meliputi aspek Pembangunan Manusia dan Penguasaan Iptek, Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, Pemerataan Pembangunan dan Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan. (FS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here