Suspension Bridge Situ Gunung (Foto Farid S)

Ada  yang baru di Situ Gunung Sukabumi. Selain Danau Situ Gunung yang terkenal dengan pemandangannya, juga ada Curug Sawer dan Curug Cimanaracun. Kini lokasi wisata yang berada dibawah kaki Gunung Gede Pangrango ini mempunyai  jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Jembatan dengan panjang 250m dan tinggi 150m ini bernama Suspension Bridge Situ Gunung.

Pemandangan pagi di Situ Gunung (Foto Farid S)

Sebenarnya pembangunan jembatan ini  memangkas rute lama yang cukup jauh ke Curug Sawer dari pintu gerbang utama. Setelah ada jembatan, pengunjung dapat memotong jalur langsung ka Curug Sawer dengan pemandangan air terjun yang sangat alami. Namun bagi pengunjung yang ingin menuju Curug Sawer tanpa melalui Suspension Bridge pun masih bisa dengan melalui rute yang cukup mengasyikan, karena jika lewat jalur ini selain disuguhi pemandangan alam juga kita akan melewati beberapa sungai kecil, belum lagi terdengar dari kejauhan suara deras aliran sungai serta kicau burung.

Jembatan gantung ini dapat menampung berat dengan beban 55 ton atau sekitar 150 orang. Namun peraturan Situ Gunung Suspension Bridge telah menyebutkan bahwa jembatan hanya boleh dilintasi oleh 40 pengunjung saja dalam sekali menyeberang. Para pengunjung yang ingin menyeberang jembatan disediakan slink untuk keamanan dan dibantu oleh petugas ketika menyeberang jembatan serta  dikenakan tarif 50 ribu rupiah untuk dewasa dan 25 ribu rupiah untuk manula dan anak-anak. Tarif sudah termasuk asuransi dan sedikit cemilan serta minuman.

Curug Sawer (Foto Farid S)

Pembangunan jembatan gantung ini atas prakarsa pihak swasta dan Kementerian Lingkungan Hidup. Dana yang dikeluarkan tak tanggung-tanggung, sejak bulan Mei 2017 tercatat dana yang sudah keluar lebih dari Rp 4 miliar. (FS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here